Pengumuman Hasil SKD CPNS Pemprov. Kaltim 2019 dapat dilihat disini
Workshop Penerapan e-Kin - BKD. Prov.Kaltim

Workshop Penerapan e-Kin

  Senin, 16-12-2019   11:02   Renick   1105

SAMARINDA : e-Kinerja (e-Kin) adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk mengukur dan memantau kinerja pegawai secara periodik dalam periode bulanan dan tahunan berdasarkan kinerja harian.

E-Kin versi 4.0 adalah aplikasi baru milik BKN yang diadopsi oleh BKD Provinsi Kaltim akan segera diterapkan guna perbaikan dan peralihan dari aplikasi e-log book yang digunakan sebelumnya untuk menilai kinerja PNS serta sebagai dasar perhitungan prestasi kerja dan pemberian insentif kerja.
 
Karena itu pada Senin (16/12) pagi, bertempat di gedung Assessment Center BKD Provinsi Kaltim melalui bidang Pembinaan telah menggelar Workshop penerapan e-Kinerja.

Workshop yang diikuti Kasubag Umum/Tata Usaha/Kepegawaian di lingkungan Pemprov Kaltim ini dibuka oleh Kepala BKD Provinsi Kaltim Hj Ardiningsih ditemani Kabid Pembinaan Adisurya Agus.

Sedangkan pendampingan workshop aplikasi e-kin dari BKN oleh Direktur Kinerja ASN Neny Rochyany, didampingi Kasi penyusunan program Penilaian Kinerja Pegawai ASN Poneta Masli dan Pranata Komputer Irdian Nova Alexcandra.

"Dengan e-Kin sementara e-logbook kita senyapkan dulu tetapi bukan berarti tidak digunakan, karena kita ingin melakukan perbaikan kepada Peraturan yang baru yaitu PP 30/2019 tentang Penilaian Kinerja PNS, diharapkan peserta untuk mengikuti bimbingan dari BKN agar jelas," kata Ardiningsih.

Jadi suatu saat kalau single salary diterapkan , lanjut Ardiningsih, tentang tunjangan kinerja," istilahnya katakanlah gaji PNS 5 juta itu ketika target kinerjanya tidak sampai angka 100 persen maka hanya dibayarkan sesuai capaiannya saja, kalau capaian 80 persen ya segitu saja yang dibayarkan, jadi tidak lagi penilaian dari absen kehadiran saja," imbuhnya.

Selain menurut Ardiningsih penghitungan analisis jabatan dan analisis beban kerja itu sangat penting karena akan berpengaruh terhadap tunjangan kinerja pegawai.

"Apalagi Kemenkeu sudah mengumumkan bahwa kedepan tunjangan pegawai benar-benar akan dikaitkan dengan kinerja, ini akan jadi bahan evaluasi kita, ini (e-kin) bukan hanya Kaltim, daerah lain sudah berjalan, Balikpapan dan Bontang sudah, Kukar saat ini sedang berjalan, Kaltim ya mau tidak mau ini harus kita lakukan," tuturnya.

Aplikasi e-kin dapat di akses di ekin.kaltimbkd.info dengan user name dan NIP dan password menggunakan NIP masing-masing pegawai.

Dengan jumlah peserta kurang lebih 192 orang kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dibagi 3 tahap, dari tanggal 16-17 Desember 2019. (nick/dinfo/bkdkaltim)
 

Berita Provinsi