Web sedang dalam proses pemindahan data dari Web Lama ke Web Baru. Untuk Mengakses Web Lama silahkan klik disini
Seleksi Terbuka JPT Pratama di Lingkungan Pemprov Kaltim Tahap Psikometri dan Tes Narkoba - BKD. Prov.Kaltim

Seleksi Terbuka JPT Pratama di Lingkungan Pemprov Kaltim Tahap Psikometri dan Tes Narkoba

  Kamis, 23-05-2019   14:42   Renick   25

Samarinda, Kaltim : Hari Kamis 23 Mei 2019 berlangsung Seleksi Terbuka untuk Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama dilingkungan Pemprov Kaltim, dalam tahap ini peserta mengikuti tes Psikometri dengan menggunakan metode (Million Clinical Multiaxial Inventory – IV (MCMI) dan Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) sekaligus tes urine untuk memastikan peserta bebas dari Narkoba. Selaku Instansi Pelaksana yaitu RSJD Atma Husada Mahakam Prov Kaltim.

Wakil Direktur Pelayanan RSUD Atma Husada Mahakam Dr. H. Jaya Mualimin, Sp.Kj selaku Pejabat Pelaksana tahap ini memaparkan bahwa dari MCMI maka akan terlihat gambaran profil kepribadian klien sedangkan MMPI lebih memberikan gambaran kepada klinis, metode ini menggunakan sistem komputerisasi.

“Itu MCMI dan MMPI dua-duanya klop, yang satu melihat profilnya secara mendetail yang satu melihat secara klinisnya, misal dalam hal kejujuran, tanggung jawab, kemudian adaptasi terhadap stress, kita akan buat laporan dalam bentuk itu” kata Jaya saat diwawancara di sela berlangsungnya acara tes Seleksi JPT Provinsi Kaltim, di Ruang Serbaguna lantai 3 Kantor BKD Prov Kaltim.

Selain itu menurutnya yang menjadi kendala dalam tes ini apabila ada peserta yang kurang konsentrasi maka dikhawatirkan hasilnya invalid,”biasanya begitu, disini kita tidak melakukan wawancara, nanti dari pernyataan yang dijawab klien mengenai cocok atau tidak cocok untuk diri sendiri dari situ akan muncul skala-skala apakah mengalami depresi atau tidak, kalau grafiknya tinggi berarti klien mengalami depresi,”terangnya.

7 jabatan yang digulirkan pada seleksi terbuka JPT Pratama kali ini yaitu, JPT Kepala Dinas Sosial Prov Kaltim, Dinas Pariwisata Prov Kaltim, Dinas Lingkungan Hidup Prov Kaltim, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov Kaltim, Biro Humas Prov Kaltim, Biro Pemerintahan, Perbatasan dan Otda Prov Kaltim, dan Wakil Dirut RSUD Abdul Wahab Sjahranie Prov Kaltim.

Peserta yang mengikuti seleksi JPT dilingkup Pemprov Kaltim yang memenhuhi syarat sebanyak 62 orang, namun 1 orang berhalangan hadir dalam tes ini. Seluruhnya peserta berasal dari lingkungan Pemprov Kaltim dan Kabupaten/Kota se Kaltim.

Pada tanggal 27 Mei 2019 akan diumumkan peserta yang memenuhi syarat/tidak memenuhi syarat untuk mengikuti tahapan selanjutnya, diharapkan peserta untuk selalu mengikuti informasi jadwal tahapan seleksi yang diumumkan melalui website BKD Provinsi Kaltim. (nick/bkdkaltim)

Berita Provinsi