Selamat Datang di Website Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalimantan Timur
Data Base Potensi dan Kompetensi PNS - BKD. Prov.Kaltim

Data Base Potensi dan Kompetensi PNS

  Rabu, 17-03-2021   19:26   Renick   336

Samarinda - BKD Provinsi Kaltim melaksanakan kegiatan penilaian kompetensi assessment center dengan metode sederhana terhadap PNS di lingkungan Pemprov Kaltim. 

Adapun penilaian dilakukan oleh tim assessor UPTD Penilaian Kompetensi BKD Provinsi Kaltim. Peserta uji kompetensi  berasal dari 7 perangkat daerah dengan jumlah sebanyak 95 peserta untuk batch pertama. Batch pertama dilaksanakan dari tanggal 17 Maret hingga Minggu pertama bulan April 2021.

"Batch pertama yang dilaksanakan saat ini untuk PNS jabatan pelaksana dulu. Batch pertama sebanyak 95 orang kita bagi menjadi per 15 orang selama 2 hari. Nanti batch selanjutnya bisa jabatan administrator atau fungsional. Target kami tahap pertama ini 200 orang dulu lah, "terang, Kepala UPTD Penilaian Kompetensi BKD Provinsi Kaltim Yuli Fitriyanti, Rabu (17/3/2021).

(Penilaian kompetensi dilaksanakan di Kantor UPTD Penilaian Kompetensi Pegawai BKD Provinsi Kaltim Jl. Kartini, Samarinda)

Pelaksanaan penilaian kompetensi PNS ini dalam rangka percepatan pencapaian sistem merit sebagaimana  amanat Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN. 

Selain itu, kompetensi yang dinilai adalah kompetensi manajerial dan sosial kultural sebagaimana diatur Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Jabatan ASN. 

"Harapannya dari hasil penilaian ini nantinya Pemprov Kaltim mempunyai database profil mengenai potensi dan kompetensi para PNS," katanya.

Dan, metode assessment yang digunakan lanjut Yuli, untuk penilaian kompetensi batch pertama bagi jabatan pelaksana adalah metode penilaian kompetensi assessment center metode sederhana. 

"Saat ini tes nya terdiri dari tes klasikal dan wawancara. Untuk pelaksana kita gunakan assessment metode sederhana, untuk jabatan administrator kita menggunakan assessment center metode sedang," imbuhnya.

Adapun kegiatan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 diantaranya selain membatasi jumlah peserta, untuk tes wawancara dilakukan secara virtual paralel dan tidak bertatap muka. 

Berikut perangkat daerah di lingkungan Pemprovkaltim yang mengikuti penilaian kompetensi batch pertama ini terdiri dari BKD, Balitbangda, Inspektorat, Diskominfo, Biro Organisasi, Biro Hukum dan Biro Infrastruktur. Nick

Berita Provinsi